fbpx

Al Hidayah Tahfizh Center

Sanad, Ijazah dan Periwayatan

Sanad dan Riwayah

         Sanad secara bahasa berarti sandaran yang dapat dipercaya atau bukti. Adapun menurut istilah, Sanad adalah rantai yang menghubungkan pembawa berita (rawil/periwayat) sebuah matan atau teks (Lafazh) kepada pembicara (bila berupa perkataan) atau penulisnya (bila berupa tulisan) .

         Teks atau Lafazh yang dibawa atau diriwayatkan oleh perawi dapat berupa kitab, seperti Al-Qur’an, Kitab hadits, akidah, atau fikih. Dapat juga berupa syair, seperti manzhumah ilmiyah’ yang disusun oleh para ulama. Juga bisa berupa matan-matan hadits (sebuah hadits) yang memiliki kesamaan sifat dalam meriwayatkannya (disebut dengan istilah hadits musalsal).
 

   Sanad Al- Qur’an

        Sanad Al-Qur’an artinya adalah rangkaian (rantai) para perawi (orang-orang yang meriwayatkan lafazh atau ayat) dari zaman kita sampai kepada Rasulullah. Rasulullah juga meriwayatkan Al-Quran dari malaikat Jibril dan Allah. Al-Qur’an itu diriwayatkan, baik lafazh maupun cara membacanya (qiraah).

       Sanad atau periwayatan selain Al-Qur’an hanya berkaitan erat dengan penjagaan terhadapat lafazh semata. Karena tujuan penjagaan lafazh dan makna. Sehingga selama lafazh dan maknanya tidak berubah maka hal tersebut sudah cukup baginya.

   Sanad Hadits

       Adapun yang dimaksud sanad hadits, terdapat dua kemungkinan. Pertama, meriwayatkan matan hadits dari guru dengan mempertahankan sifat yang sama biasa di sebut dengan Hadist musalsal.  kedua, meriwayatkan sebuah kitab hadits dari guru dengan sanad yang bersambung sampai Rasulullah,

 Fungsi sanad

  1. Salah satu pintu gerbang ilmu
  2. Menjaga lafazh dari sebuah matan atau khabar
  3. Sanad dan keberkahan ( lil barakah ) 
  4. Menjaga cara membaca (Tajwid) dan variasi qiraatnya (khusus sanad atau periwayatan Al-Qur’an)
  5. Sunnah para ulama salaf dan khalaf
  6. Menjaga sifat dan karakter perawi yang shahih. Sehingga senantiasa dekat dengan Allah
  7. Menjadi pemicu untuk memperdalam sisi dirayah

Makna Ijazah

      Ijazah bermakna izin dari seorang guru untuk meriwayatkan atau menyampaikan sebuah berita atau periwayatan. Izin tersebut diberikan dari seorang guru kepada muridnya diakrenakan muridnya ini tidak sempurna dalam as-sama’ atau al-‘aradh atau bahkan tidak mengamalkannya.

Jenis-jenis ijazah Al-Qur’an

  1. Ijazah qiraah adalah ketika murid telah mengamalkannya thariqatut tahamul wal ada dengan bacaanyang baik, namun masih kurang dari sisi pedalamanan teoritis dan belum memenuhi syarat khusus dari syaikh.
  2. Ijazah qiraah wal iqra adalah ketika murid telah mengamalkan Thariqatut wal ada dengan bacaan yang baik serta telah teruji sisi pedalamanan teoritis dan telah memenuhi sayarat khusus dari syaikh.

         Ijazah wal iqra  berarti ia telah resmi menjadi salah seorang perawi dari syaikhnya dengn sanad yang bersambung ke Rasulullah.

Sc: Buku Syarh Tuhfatul Athfal Hal 6-17