fbpx

Al Hidayah Tahfizh Center

Pengertian dan Kedudukan Disiplin Ilmu dalam Islam

    Dalam ajaran Islam, menuntut ilmu adalah salah satu dari ibadah kepada Allah SWT. Manusia dapat membaca Al-quran dengan berilmu dan memahami makna yang terkandung dalam segala persoalan di muka bumi.
 
Di dalam Al-quran pun banyak sekali ayat maupun hadis yang menegaskan tentang keharusan umat Islam untuk memiliki ilmu. Memiliki ilmu dalam hal ini adalah segala pengetahuan tentang lingkungan baik mengamati alam, mengolah alam, bersosialisasi, menjaga lingkungan hingga beribadah.
 
    Ilmu adalah cahaya atau pelita bagi manusia. Tanpa ilmu, tidak ada peradaban. Banyak hadis mencari ilmu yang bisa menjadi pegangan tiap Muslim untuk terus belajar lantaran sangat besar keutamaan orang berilmu.
 
    Hadis mencari ilmu lainnya disebutkan tentang keutamaan mempelajari ilmu pengetahuan dalam Islam, Rasulullah SAW bersabda:
وَمَنْ سَلَكَ طَرِيقًا يَلْتَمِسُ فِيهِ عِلْمًا سَهَّلَ اللَّهُ لَهُ بِهِ طَرِيقًا إِلَى الْجَنَّةِ
Artinya: “Siapa yang menempuh jalan untuk mencari ilmu, maka Allah akan mudahkan baginya jalan menuju surga.” (HR. Muslim, no. 2699)
 
     Dalam hadis mencari ilmu lainnya memuat keutamaan orang yang belajar ilmu Al-quran:
عَنْ عُثْمَانَ بْنِ عَفَّانَ قَالَ قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِنَّ أَفْضَلَكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ
“Orang yang paling utama di antara kalian adalah seorang yang belajar Al-quran dan mengajarkannya.” (HR. Bukhari) No. 4640. Shahih.
      Kita sebagai umat terkadang melalaikan perintah-perintah Allah yang ada dalam Al-quran, seakan-akan Al-quran hanya bacaan biasa padahal Al-quran adalah pedoman hidup yang mampu membuat disiplin dalam Islam.
AdminATC

Hadist tentang belajar Al-Qur’an dan Mengajarkannya

Pentingnya mengajarkan Anak tentang Al-Quran عَن مُعَاذِنِ الجُهَنِيِ رَضَي اللٌهُ عَنَهُ قَالَ:قَالَ رَسُولُ اللٌه صَلَي اللٌهَ عَلَيهِ وَسَلَمَ مَنَ قَرَأ القُرانَ وَعَمِلَ بِمَافِيهِ اُلُبِسَ وَالِدَاهُ

Read More »