KELUARGA

JANGAN MENCARI-CARI MASA LALU PASANGANMU

Kebanyakan pasangan ingin mengetahui masa lalu pasangannya sehingga bertanya tentang hal itu. Bahkan kadang ingin tau sifat-sifat wanita atau laki-laki yang dulu pernah merebut hatinya. Bahkan sampai berani mengatakan bahwa jawaban apapun yang diberikan tidak akan berpengaruh pada dirinya (rasa cintanya).

Jika diantara pasangan mengabulkan permintaan tersebut, sama artinya ia menempatkan dirinya pada kesalahan besar yang akan mempengaruhi hubungan dalam rumah tangganya. Sebab setiap pengetahuan tentang kisah cinta masa lalu kepada pasangan akan menjadi lahan panggung munculnya ‘kecemburuan’ sampai ‘membandingkan’.

Wahai para pemilik ikatan suci, jangan sampai engkau berusaha menguak masa lalu pasanganmu. Dan jangan sampai engkau berusaha mengetahui tentangnya. Dan jikapun saat ini sudah terlanjur jangan sampai memberitakan sedikitpun tentang itu. Bagaimanapun keadaannya!  jika engkau melakukannya, maka sungguh akan menyesal. Perhatikan firman Allah,

“Wahai orang-orang yang beriman, janganlah kalian menanyakan (kepada Nabi) hal-hal yang jika diterangkan kepada kalian, niscaya menyusahkan kalian’ (Al-Maidah: 101)

Bahkan RAsulullah bersabda,

“Di antara hal yang menyempurnakan ‘keislaman’ seseorang, jika ia meninggalkan hal-hal yang tidak bermanfaat.” (HR. Ibnu Majah: 3976)

Maka menanyakan masa lalu adalah hal yang tidak bermanfaat dan bahkan sampai pada mudharat dimana anda berusaha membuka tabir yang sudah Allah tutup rapat. Oleh karen itu fokuslah mengurus kehidupanmu saat ini bersamanya, dan jangan sibuk dengan mencari tahu hal yang akan membuatmu benci.

Ketahuilah orang yang benar-benar mencintaimu dia akan menerima semua kekuranganmu, namun orang yang tidak mencintaimu dia tidak akan pernah memandang kelebihanmu, sebab cinta akan menutupi kekurangan dan menampakkan kelebihan. Karena itu jangan hapuskan rasa cinta pasanganmu yang tulus dengan sesuatu yang sudah berlalu.

Diselesaikan: Depok, Selasa 12 Desember 2023 – 23.10

Oleh, Ustadz Arfatul Hidayat, Lc. S.Ag.

14 komentar pada “JANGAN MENCARI-CARI MASA LALU PASANGANMU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *